Senin, 11 Juli 2011

BETWEEN BRAVE AND FEAR


Udah dua bulan kira-kira gue nganggur sebagai pelajar. Ga tau nunggu apa. Nothing to do, paling kegiatan standar makan, mandi, nonton tv, beres-beres  dan tidur. Tapi kegiatan yang paling utama adalah mikir. Mikirin apa aja bahkan sampah yang di depan mata pun bisa jadi bahan buat gue pikirin. Nah, dari pikiran ini terlahirlah sebuah ide yang cukup berani dan riskan. Kadang malah sering mikir, “Udah nih hidup gue begini begini aja?”

Setelah lulus SMA, pasti dong kuliah. Pertanyaan klasik yang sering bermunculan adalah, “Mau ngelanjutin kemana?”. Dalam pikiran gue bermunculan sejuta kata untuk menjawab.

Awal mulanya gue bikin resolusi 2011 yang salah satu isinya adalah kuliah sambil bekerja. Enteng banget sumpah nulisnya kayak gak ada beban dan ga mandang risikonya dulu. Padahal target gue adalah STAN sejak gue masih SMP. Tetapi yaaaa apa mau dikata urusan keluarga gue lagi heboh banget tahun ini. Dana sekolah sudah kepake buat urusan yang lain. Terpaksa mengalah dululah untuk kuliah kalau seandainya ga dapet STAN. Harap maklum orang tua saya bukan saudagar kaya.

Selain STAN, gue ikut tes kedinasan lain yaitu STIS dan beasiswa ke Malaysia, tapi apa daya gak diterima. Udah hopeless sebenarnya apalagi pas tahu STAN gak buka pendaftaran D3. Waduuuuh! Mau dibawa ke mana masa depan saya ini?
Masih sama dengan pertanyaan ,”Mau ngelanjutin ke mana?”, yang bikin gue risihnya bukan main dan gue jawab dengan sok bijak. “Maunya di STAN, amiiin. Tapi kalau tahun ini gak dapet ya kerja dulu baru tahun depan ngelanjutin kuliah lagi”. Hah? Kerja? Kerja apa?  Sumpah enteng banget ngomong kayak gitu. Gak mikir ntar kalo gue kerja, kerja apa? Keasikan kerja, kuliah gimana? Seangkatan ama ade kelas gimana? Males gue hahaha.

Mungkin ini pelajaran atau hikmah atau berkah buat gue. Sebelum pendaftaran STAN, gue udah di training kerja. Capeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek banget sumpah apalagi pulang malem keujanan, jadi bahan omongan karena orang baru. Aduuuuh melas deh gue. Dulu giliran ngomong gampang ya tapi pas dilakuin jadi nyiksa. Di hari ketiga gue udah lumayan rileks sama keadaan. Udah ada temen yang mampir juga ih senengnya tapi rada malu gitu hehehe. Setelah itu gue mulai kuat dan berani. Gue udah bilang kok kalau gue kerja dulu baru kuliah, kenapa sampe di titik ini gue mau nyerah? Gak konsekuen rasanya.

Dan demi terciptanya impian, gue udah berkoordinasi dengan ibu dan abang. Mereka harus bisa nuntun dan ngingetin gue kalo gue menyimpang dari planning awal. Ini planning gue: gue akan berusaha bagaimanapun caranya belajar pol-polan biar bisa tembus STAN. Kalau sampe titik akhir ga bisa, gue harus lanjutin kerjaan yang ada dan saving untuk bantu dana kuliah tahun depan. Dan tahun depan gue harus KULIAH. Titik. Bismillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar